Kapal Pemecah Es Bertenaga Nuklir adalah kapal untuk digunakan di perairan yang terus menerus ditutupi oleh es. Kapal ini dapat menerobos es dengan kuat,dengan bobot berat, dan dilengkapi dengan busur baja. Kapal Pemecah Es Bertenaga Nuklir jauh lebih kuat daripada kapal-kapal lain yang bertenaga diesel, dan telah dibangun oleh Rusia terutama untuk membantu pelayaran di perairan Arktik beku di Siberia utara .
Selama musim dingin, es di sepanjang utara seaways bervariasi dalam ketebalan 1,2-2,0 meter (3,9-6,5 kaki). Es di bagian tengah Samudra Arktik rata-rata 2,5 meter (8.2 kaki) tebal. Kapal Pemecah Es Bertenaga Nuklir dapat Menghancurkan es ini pada kecepatan hingga 10 knot (19 km / h, 12 mph). Di perairan biasa(tanpa es) kecepatan maksimum Kapal Pemecah Es Bertenaga Nuklir ini adalah 21 knot (35 km / h, 24 mph).
Selama musim dingin, es di sepanjang utara seaways bervariasi dalam ketebalan 1,2-2,0 meter (3,9-6,5 kaki). Es di bagian tengah Samudra Arktik rata-rata 2,5 meter (8.2 kaki) tebal. Kapal Pemecah Es Bertenaga Nuklir dapat Menghancurkan es ini pada kecepatan hingga 10 knot (19 km / h, 12 mph). Di perairan biasa(tanpa es) kecepatan maksimum Kapal Pemecah Es Bertenaga Nuklir ini adalah 21 knot (35 km / h, 24 mph).
Nuclear-powered icebreaker (Russian Atomic Icebreakers)
Kapal Pemecah Es Bertenaga Nuklir dari kelas Arktika digunakan untuk memaksa menghancurkan es untuk kepentingan kapal kargo dan kapal lainnya di sepanjang terusan yg berhubung dgn laut utara. Jalur Laut utara terdiri dari bagian timur Laut Barents, Laut Petchora, Laut Kara, Laut Laptev dan Laut Siberia Timur ke Selat Bering. Penting port pada Seaway utara, antara lain, Dikson, Tiksi, dan Pevek.
DuaKapal Pemecah Es Bertenaga Nuklir, NS Vaigach dan NS Taimyr, telah dibangun untuk perairan dangkal dan biasanya digunakan dari Sungai Yenisei untuk Dikson, di mana mereka menembus es diikuti dengan kapal kargo dengan kayu dari Igarka dan kapal kargo dengan bijih dan logam dari pelabuhan Perusahaan di Dudinka Norilsk. Pembuka percakapan ini bertenaga nuklir juga dapat digunakan sebagai fireboats.
Kapal Pemecah Es Bertenaga Nuklir juga telah digunakan untuk sejumlah ekspedisi ilmiah di Arktik. Pada tanggal 17 Agustus 1977, NS Arktika adalah kapal permukaan yang pertama di dunia untuk mencapai Kutub Utara. Sejak tahun 1989, beberapa Kapal Pemecah Es Bertenaga Nuklir telah digunakan untuk kapal pesiar pariwisata Arktik.
Kapal Pemecah Es Bertenaga Nuklir juga telah digunakan untuk sejumlah ekspedisi ilmiah di Arktik. Pada tanggal 17 Agustus 1977, NS Arktika adalah kapal permukaan yang pertama di dunia untuk mencapai Kutub Utara. Sejak tahun 1989, beberapa Kapal Pemecah Es Bertenaga Nuklir telah digunakan untuk kapal pesiar pariwisata Arktik.
Tapi Dibalik Itu Semua, Kapal ini juga Menghancurkan Habitat Binatang-binatang yang hidup di dataran Es, Ekosistem mereka rusak, dan sebagian dari binatang -binatang itu bahkan ada yang mati