Tips Atasi Kebiasaan Ngemil di Malam Hari

ngemil di unik-qu.blogspot.com

Apakah Anda memiliki kebiasaan mengucah camilan di tengah malam? Sadarkah Anda bahwa aktivitas ini dapat mengganggu program diet Anda karena ada kalori tambahan yang diasup sebelum tidur.

Dengan mengubah rutinitas ngemil pada tengah malam, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat kesehatan. Berikut ini beberapa tips untuk membantu Anda mengurangi kebiasaan tersebut:

1. Atur waktu makan. Pastikan Anda mengikuti jadwal makan yang tepat. Tubuh Anda cenderung mendambakan makanan pada malam hari karena lapar dan bukan karena suatu kebiasaan. Setelah Anda mengikuti jadwal yang tepat, tubuh akan mempertahankan stabilitas kadar gula darah dan menjaga tubuh dengan energi yang cukup.

2. Jangan lupa makan. Tubuh Anda mengidam makanan pada malam hari karena tidak menerima makanan yang cukup pada siang hari. Ini berarti bahwa terlalu sedikit makan pada siang hari atau tidak makan cukup kalori, maka sulit untuk menopang tubuh Anda sepanjang malam. Pastikan Anda tidak melewatkan makan apa pun. Berikan tubuh Anda cukup kalori yang diperlukan untuk mempertahankan kadar gula.

3. Makan ringan. Makan malam dengan menu yang “berat” akan membebani dan memperlambat pencernaan dan menghambat tidur Anda. Dianjurkan untuk makan dengan porsi yang kecil sepanjang hari. Dengan cara ini, tubuh Anda akan mendapatkan kalori yang dibutuhkan dan menghindari rasa lapar. Menyantap lima porsi kecil sepanjang hari secara berkala dapat mencegah rasa lapar pada tengah malam.

4. Pilih camilan sehat. Jangan menyantap makanan ringan yang tinggi lemak, tetapi pilih makanan yang tinggi protein. Hindari makanan penutup yang tinggi gula setelah makan malam. Makanan tinggi gula membuat lonjakan kadar gula Anda sehingga akhirnya membuat Anda kembali merasa lapar. Pilih makanan seperti buah-buahan segar, buah-buahan kering, segelas susu, dan yogurt rendah lemak.

5. Minum yang cukup. Jika Anda menghadapi rasa lapar, cara terbaik adalah minum segelas air. Tidak hanya membantu Anda rileks, tetapi juga akan membantu Anda merasa kenyang.

6. Jangan tenggak stimulan. Hindari minum stimulan, seperti kopi atau teh, setelah makan malam karena mereka akan menghambat tidur Anda. Jika Anda bangun di tengah malam, perut Anda terasa lapar dan membutuhkan sedikit makanan.

7. Ambil kesibukan. Jika Anda masih sulit tidur, membaca buku atau mendengarkan musik lembut membuai Anda kembali tidur. Banyak kasus ngemil di tengah malam terjadi pada orang-orang yang menderita insomnia. Pastikan Anda telah menetapkan rutinitas tidur yang tepat dan cukup tidur pada malam hari. Orang yang mempunyai waktu beristirahat cukup cenderung makan lebih sedikit.
Tips Atasi Kebiasaan Ngemil di Malam Hari 4.5 5 Unikqu aja 2011-07-30T14:16:00+07:00 Apakah Anda memiliki kebiasaan mengucah camilan di tengah malam? Sadarkah Anda bahwa aktivitas ini dapat mengganggu program diet Anda karen...