Sejarah Plectocycle atau Sepeda Roda Tiga

Plectocycle atau sepeda roda tiga. pertama diciptakan pada tahun 1680 oleh Stephan Farffler yang lumpuh pada kakinya di Nurenberg - Jerman. lalu berturut turut diciptakan oleh Blanchard dan Maguier dari Prancis pada tahun 1789, lalu pada tahun 1818 Denis Johnson dari Inggris menciptakannya dan mulai dipatenkan pada tahun 1819.
Plectocycle di unik-qu.blogspot.com
Masa keemasan sepeda roda tiga tersebut terjadi pada tahun 1881 - 1884 dimana terdapat lebih dari 120 jenis sepeda Plectocycle, dan beberapa sempat didatangkan ke Hindia Belanda, diantaranya terpublikasikan oleh Tropen Museum. terdapat di Suikerfabriek Tjomal ( pabrik gula Tjomal ) di Jawa Tengah pada rentang waktu 1880.@unik-qu
Plectocycle di unik-qu.blogspot.com
Ternyata negeri ini cukup kaya, sampai sepeda motor pertama yang diciptakan pada tahun 1894 merk Hildebrand Und Wolfmuller buatan jerman pada tahun berikutnya sudah dipesan oleh seorang masinis kereta api di Oemboel - Probolinggo, Jawa Timur. John C. Potter, orang yang pertama memiliki sepeda motor di Hindia Belanda.
Plectocycle di unik-qu.blogspot.com
Sejarah transportasi di negeri ini cukup menorehkan sejarah yang cukup berarti, baik sepeda antik, mobil antik, dan sepeda motor antik yang pada saat ini terselamatkan oleh komunitas komunitas pencintanya, ribuan pemilik dari komunitas sepeda motor antik menyelamatkannya hengkang dari negeri ini, komunitas sepeda antik dan mobil antik eksis juga menyelamatkannya, bahkan menjadi trend, hiburan dan gaya hidup. Maka berbanggalah Indonesia Raya ini akan harta yang terpendam didalamnya, sejarah dan peninggalannya.

@bartedo-museum&Unik-qu
Sejarah Plectocycle atau Sepeda Roda Tiga 4.5 5 Unikqu aja 2011-08-10T16:36:00+07:00 Plectocycle atau sepeda roda tiga. pertama diciptakan pada tahun 1680 oleh Stephan Farffler yang lumpuh pada kakinya di Nurenberg - Jerman. ...