Beberapa Temuan Fakta Unik Tentang SEA Games

SEA Games memang baru dibuka tanggal 11 November. Tapi kalau mau menelisik lebih lanjut, ternyata ada beberapa fakta unik dan menarik tentang SEA Games. Berikut ini fakta unik dan menarik tentang SEA Games:
logo atau lambang SEA Games

1. Indonesia hanya berselisih satu gelar dengan Thailand soal juara umum SEA Games. Tapi untuk soal menjadi tuan rumah SEA Games, Indonesia kalah dari Thailand dan Malaysia yang masing-masing sudah enam kali menjadi tuan rumah SEA Games. Sementara, Indonesia baru empat kali menjadi tuan rumah SEA Games (termasuk SEA Games 2011).

2. Dalam sejarahnya, SEA Games baru dua kali dilakukan di dua kota. Yakni pada SEA Games 2003 di Vietnam yang diselenggarakan di kota Hanoi dan Ho Chi Minh. Serta pada SEA Games 2011 di Indonesia yang diselenggarakan di kota Jakarta dan Palembang.

3. Timor Leste dan Kamboja adalah dua negara yang belum pernah menjadi tuan rumah SEA Games. Tapi Kamboja lebih beruntung karena sudah bisa menjadi tuan rumah pada tahun 2021 nanti. Semoga saja, kita masih bisa menyaksikannya, Amin.

4. Di SEA Games, ada dua negara yang dulunya merupakan satu kesatuan. Yang pertama yakni Singapura dan Malaysia, keduanya dahulu merupakan satu federasi. Setelah adanya konflik ideologi, Singapura lantas memisahkan diri dan mengumumkan kemerdekaannya pada tanggal 9 Agustus 1965. Lalu yang kedua, Indonesia dan Timor Leste. Dahulu, Timor Leste adalah salah satu provinsi di Indonesia dengan nama Timor Timur. Tapi pada tahun 1999, diadakan referendum dan hasilnya kemerdekaan bagi Timor Timur. Dan Timor Timur pun merdeka pada tanggal 20 Mei 2002, berganti nama menjadi Timor Leste.

5. SEA Games XXVI yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang akan dimulai pada tanggal unik yakni 11-11-11. Dan diikuti 11 negara ASEAN. Serta berlangsung 11 hari. Semuanya serba angka 11. Unik kan!!.
Inilah secuil fakta unik dan menarik tentang SEA Games. Memang tak banyak fakta unik dan menarik, tapi bisa menambah pengetahuan kita tentang SEA Games. Semoga fakta unik dan menarik bisa menginspirasi kita untuk terus mendukung Indonesia di SEA Games 2011. Ayo Indonesia, kamu pasti bisa!!! @Kompasiana
Beberapa Temuan Fakta Unik Tentang SEA Games 4.5 5 Unikqu aja 2011-11-17T02:06:00+07:00 SEA Games memang baru dibuka tanggal 11 November. Tapi kalau mau menelisik lebih lanjut, ternyata ada beberapa fakta unik dan menarik tenta...