Ayo Berimajinasi di Les Machines de l'ile, Nantes Perancis

Pernahkah anda bayangkan berada dalam suatu tempat dimana hanya mesin raksasa berada di sekeliling kita? Dunia imajinasi seperti itu bisa kita temukan di Nantes, Perancis. Tepatnya di  Les Machines de l'ile, kepulauan kota Nantes.

Nantes kota yang indah, hampir mirip dengan Montepellier. Berada 10km dari laut atlantik.  Uniknya kota Nantes terpisah oleh sungai La Loire hingga ada istilah  kepulauan Nantes dalam kota itu sendiri.
Tapi kali ini saya tak ingin bercerita panjang soal kota Nantes yang indah, namun hanya mengenai Machines di kepulauan Nantes. Mengapa? Karena di sinilah dunia imajinasi lahir berbentuk nyata dapat disentuh, dinaiki dan dinikmati oleh pengunjungnya.

Selama ini bila kita melihat film dunia hayalan, misalnya, film dengan hewan  raksasa dimasa lalu, seperti Jurassic Park dengan dinosaurus atau ular laut raksasa dalam film petualangan...nah! di Machines Nantes inilah yang tadinya hanya bisa dilihat secara fiksi bisa jadi nyata.

Les Machines di Kepulauan Nantes adalah sebuah proyek artistik yang luar biasa yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Lahir dari imajinasi Pierre François dan Delarozière Orefice, keduanya merupakan seniman dengan kekayaan imajinasi dan teknik karya seni luar biasa.

Dunia khayalan Jules Verne yaitu penulis Perancis yang terkenal dengan kisah petulangannya dipadukan dengan imajinasi dari Leonardo da Vinci, oleh kedua seniman Pierre Francçois dan Delarozière Orefice menjadi benda nyata berupa mesin raksasa. Ide gemilang ini dilaksanakan dalam sebuah tempat di kepulauan Nantes yang tadinya merupakan bekas galangan kapal.

Petualangan di luar waktu
Bagaimana menuju ke sana? Tujuan kota yang diambil sudah pasti Nantes. Bisa dengan kereta, paling mudah memang dari Paris, dengan pesawat karena memiliki airport, bus umum dan mobil tentunya. Saran saya setelah berada di sana, sewalah sepeda karena menikmati Kota Nantes dengan sepeda, memungkinkan kita untuk berpindah tempat secara cepat namun jangan lupa peta Kota Nantes selalu harus dibawa. Cara lain yaitu dengan tranportasi umum seperti tram, sangat praktis.  Apalagi ada tram yang langsung menuju l'ile de Nantes dengan pemberhentian tak jauh dari Les Machines (mesin).

Jadwal buka untuk 'les machines de l'ile'  yaitu bagi publik  dari selasa hingga sabtu dan mulai pukul 14.00 hingga 17.00. Kecuali selama musim panas (Juli-Agustus), Senin pun buka dan jamnya pun dimulai dari pukul 10.00-18.00. Harga tiket masuk dari mulai 5,50 euros hingga 7 euros.
Ayo Berimajinasi di Les Machines de l'ile, Nantes Perancis 4.5 5 Unknown 2011-02-11T10:34:00+07:00 Pernahkah anda bayangkan berada dalam suatu tempat dimana hanya mesin raksasa berada di sekeliling kita? Dunia imajinasi seperti itu bisa ki...