TIPS KIAT SUKSES MENEMPUH UJIAN AKHIR NASIONAL / UN


Ujian Sekolah dan Ujian Nasional 2010-2011 sebentar lagi akan dilaksanakan,
usaha dan persiapan telah dicurahkan oleh segenap siswa, orang tua dan sekolah (guru) maupun pemerintah untuk menghadapi perhelatan besar dalam dunia pendidikan tersebut. Ujian Sekolah dan Ujian Nasional merupakan sesuatu yang sangat penting karena keberhasilan seorang siswa belajar selama tiga tahun di bangku sekolah ditentukan disini, dan dari hasil ujian ini akan menentukan nasib jenjang pendidikan berikutnya, apakah ia bisa diterima di institusi pendidikan yang diunggulkan sesuai yang diharapkan atau sebaliknya.

Dari pelaksanaan Ujian Sekolah dan Ujian Nasional tahun-tahun sebelumnya ada beberapa masalah yang terjadi pada siswa yang sebenarnya tidak perlu terjadi, misalnya pada hari pertama ujian sekolah berlangsung ada beberapa siswa salah masuk ruangan, ada beberapa siswa yang bermasalah dalam mengisi lembar jawaban komputer, dan ada sebagian siswa yang tidak memanfaatkan waktu dengan efektif. Untuk itu siswa perlu kiat-kiat tertentu dalam persiapan dan pelaksanaan ujian nasional maupun ujian sekolah.   

Berikut tips-tips untuk siswa yang akan menempuh ujian nasional maupun ujian sekolah, ada baiknya juga bagi orang tua membaca tips-tips ini agar bisa mengarahkan putra-putrinya untuk menempuh ujian dengan baik, dengan harapan putra-putri kita bisa berhasil dalam menampuh ujian tersebut dengan predikat yang memuaskan.

Persiapan Ujian

a.    Kuasai materi ujian sesuai setandar kelulusan yang ditetapkan
Penguasaan materi ujian harus telah disiapkan jauh-jauh hari sebelum ujian, sehingga malam menjelang ujian tinggal mengulang-ulang meteri yang dianggap sulit. Janganlah belajar terlalu larut, belajar yang baik adalah belajar dengan rutin dan dengan waktu yang cukup, sudah tidak saatnya lagi belajar semalaman karena paginya ujian.
 
b.    Jaga kesehatan
Kesehatan harus dijaga selama kegiatan ujian berlangsung, untuk itu hindari dari hal-hal yang dapat mengganggu kesehatan misalnya kurang tidur karena terlalu banyak belajar. Pola makan harus diperhatikan dan juga hindari makanan atau minuman yang dapat mengganggu kesehatan, misalnya banyak minum minuman tertentu dengan tujuan biar tidak mengantuk saat belajar. Sebelum berangkat ujian harus makan pagi secukupnya dan tidak boleh berlebihan.
 
c.    Siapkan perlengkapan ujian
Perlengkapan untuk ujian yang harus dibawa jangan sampai tertinggal karena bila ini terjadi sangat mengganggu konsentrasi dalam ujian, misalnya tidak membawa peraut pensil, ketika ujian telah berlangsung tiba-tiba harus meruncingkan pensil maka konsentrasi akan terganggu. Perlengkapan yang harus dibawa antara lain adalah kartu peserta ujian, pensil, peraut pensil, karet penghapus, mistar bantu untuk menghitamkan jawaban komputer, bollpen, tip-ex, mistar.
 
d.    Datang lebih awal 
Sangat dianjurkan datang ke tempat ujian lebih awal dari waktu yang telah ditetapkan. Dengan datang lebih awal kondisi jalan belum begitu padat dan terhindar dari kemacetan. Dengan datang lebih awal kondisi kejiwaan juga lebih tenang sehingga memudahkan untuk berkonsentrasi dalam menjawab soal ujian. Pada hari pertama ujian dengan datang lebih awal dapat digunakan untuk memastikan ruang tempat ujian. Jangan sampai terjadi salah masuk ruang, karena bila ini terjadi dapat membuat gugup dan dapat mengganggu konsentrasi. Perlu diperhatikan juga adalah berdo'a dan minta do'a restu kepada kedua orang tua sebelum berangkat ujian.
 
e.    Tidak perlu membawa buku pelajaran 
Saat berangkat ujian harus dipastikan bahwa sudah siap untuk ujian, sehingga tidak perlu lagi membawa buku pelajaran untuk dibaca. Saat menunggu waktu ujian tiba tidak perlu mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan materi ujian, karena ini dapat mengganggu konsentrasi sehingga melemahkan materi yang sudah ada dalam ingatan siswa.
 
 
Menjawab Soal Ujian

a.    Menulis data peserta dengan cermat pada lembar jawaban komputer (LJK)
Ini sangat penting karena keliru dalam menulis data peserta akan berakibat fatal. Isikan data peserta seperti nama, tanggal lahir, nomor ujian, nama mata pelajaran dengan cermat.
 
b.    Baca sekilas seluruh soal sebelum mulai  menjawab
Dengan membaca sekilas seluruh soal sebelum mulai menjawab akan diketahui cakupan materi ujian, dengan demikian dapat dibuat prioritas soal mana yang harus dikerjakan lebih dahulu, ingat siswa berpacu dengan waktu. Janganlah karena terfokus pada soal yang sukar waktu habis, sementara soal yang lebih mudah belum dikerjakan. Khusus untuk mata ujian yang banyak menggunakan rumus-rumus seperti Matematika dan IPA, setelah membaca sekilas seluruh soal sebelum mulai menjawab, tulislah seluruh rumus-rumus yang diperlukan di kertas corat-coret.  Dengan cara ini diharapkan karena ingatan masih segar banyak rumus yang masih diingat dapat ditulis dengan benar, jadi tidak ada masalah dengan lupa rumus. Setelah sampai pada soal yang memerlukan rumus-rumus tersebut, siswa tinggal melihat lagi di kertas corat-coret.
 
c.    Menghitamkan bulatan pilihan jawaban dengan benar dan cepat
Untuk ujian nasional data peserta dan jawaban harus ditulis dengan pensil 2B pada lembar jawaban komputer. Untuk memberi tanda bulatan pada pilihan jawaban yang dimaksud dapat menggunakan bantuan mistar khusus. Perlu diperhatikan mistar khusus yang digunakan haruslah bersih dan saat pindah ke nomor selanjutnya harus diangkat, sebab bila digeser maka bekas bulatan pensil pada lembar jawaban akan tersapu sehingga mengotori lembar jawaban komputer tersebut. Bila hal ini terjadi dikhawatirkan akan mengganggu hasil pembacaan mesin scanner saat dikoreksi nanti. Yang paling praktis adalah berlatih membiasakan mengitamkan bulatan jawaban tanpa mistar, membuat bulatan harus dari pinggir tepat sebesar bulatan yang ada baru kemudian penuh ke tengah. Bila ada tanda bulatan yang mau diganti, bulatan lama harus dihapus sampai bersih, untuk itu karet penghapus yang digunakan juga harus bersih dan yang berkualitas cukup baik. 
 
d.    Memanfaatkan sisa waktu untuk memeriksa lagi jawaban
Dari pengalaman pelaksanaan ujian tahun-tahun sebelumnya, ada beberapa mata ujian yang dirasakan waktunya berlebih. Gunakan sisa waktu yang ada untuk memeriksa lagi jawaban, karena besar kemungkinan ada jawaban yang masih belum betul. Jangan habiskan sisa waktu untuk hal-hal yang tidak bermanfaat misalnya mencoret-coret kertas, melamun, bisik-bisik dengan siswa lain, dsb. Bila sudah yakin betul dengan jawaban yang ada, sedang sisa waktu masih ada lebih baik segera pulang untuk mempersiapkan ujian berikutnya, bila pengawas sudah mengijinkan untuk pulang.

Harapan kita semua, semoga pada Ujian Nasional dan Ujian Sekolah tahun 2010-2011 ini seluruh siswa yang telah mempersiapkan diri dengan usaha dan do’a dengan optimal berhasil menempuh ujian tersebut dengan predikat yang memusakan sehinga dapat meneruskan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi sesuai obsesi mereka.

sumber http://lefkoleflye.blogspot.com/2011/02/tips-kiat-sukses-menempuh-ujian-akhir.html
TIPS KIAT SUKSES MENEMPUH UJIAN AKHIR NASIONAL / UN 4.5 5 Unikqu aja 2011-02-03T15:03:00+07:00 Ujian Sekolah   dan   Ujian Nasional 2010-2011   sebentar lagi akan dilaksanakan, usaha dan persiapan telah dicurahkan oleh segenap siswa,...