Gurun-Gurun Pasir Terindah

Dunia memang memberikan keindahan yang mengangumkan. Sekarang kita bisa lihat Gurun yang gersang namun indah, itu membuat kita berfikir siapa yang menciptakan itu. ya tentu saja Tuhan Yang Maha Esa. Dengan menciptakan Gurun yang gersang tetapi tetap terasa keindahannya

Salar de Uyuni ( Bolivia )

Salar de Uyuni atau Salar de Tunupa merupakan tapak garam terluas di dunia. Salar de Uyuni terletak di Departemen Potosi dan Oruro, Bolivia bagian tenggara, dekat puncak Andes, pada ketinggian 3650 m.

Sekitar 40.000 tahun yang lalu, danau ini merupakan bagian dari Danau Michin, danau besar di masa prasejarah. Ketika mengering, terdapat 2 danau yang tersisa, yakni Danau Poop? dan Uru Uru, serta 2 gurun garam terbesar, Salar de Coipasa dan Salar de Uyuni.

Diperkirakan, Salar de Uyuni mengandung 10 milyar ton garam, dan kurang dari sekitar 25.000 ton garam diperoleh tiap tahun. Setiap bulan November, Salar de Uyuni menjadi daerah hunian bagi 3 spesies burung flamingo di Amerika Selatan: burung flamingo chili, andes, dan James. Salar de Uyuni adalah daerah tujuan wisata terkenal.








Simpson Desert ( Australia )


Gurun Simpson underlain oleh Great Artesian Basin, salah satu daerah pedalaman drainase terbesar di dunia. Air dari kolam naik ke permukaan pada berbagai mata air alam, termasuk Dalhousie Springs, dan di sepanjang rute membosankan dibor saham, atau selama eksplorasi minyak bumi. Sebagai hasil dari eksploitasi oleh bor tersebut, aliran air untuk mata air telah terus menurun dalam beberapa tahun terakhir.

Taklamakan (China)

Taklamakan adalah salah satu gurun pasir terbesar di dunia, peringkat 18 dalam ukuran di peringkat padang pasir terbesar di dunia non-polar. Ini mencakup area seluas 270.000 km2 (100.000 mil persegi) dari Cekungan Tarim, 1.000 kilometer (620 mil) dan 400 kilometer (250 mil) lebar. Hal ini menyilang di bagian utara dan di pinggir selatan dengan dua cabang Jalan Sutra sebagai pelancong berusaha menghindari gurun gersang. Dalam beberapa tahun terakhir, Republik Rakyat China telah membangun jalan raya lintas padang pasir yang menghubungkan kota-kota Hotan (di pinggir selatan) dan Luntai (di tepi utara). Dalam beberapa tahun terakhir, padang pasir telah berkembang di beberapa daerah, pasir yang membungkus peternakan dan desa-desa sebagai akibat dari penggurunan.

Ada kemungkinan bahwa padang gurun adalah kawah dampak. Ini memiliki kemiripan yang mencolok untuk sebuah kawah sangat besar di Mars yang bernama Hellas Basin.
Gurun-Gurun Pasir Terindah 4.5 5 Unknown 2011-03-29T13:54:00+07:00 Dunia memang memberikan keindahan yang mengangumkan. Sekarang kita bisa lihat Gurun yang gersang namun indah, itu membuat kita berfikir sia...