Macam-Macam Penemuan yang Tak Sengaja Ditemukan

Di dunia ini, banyak sekali penemuan-penemuan yang membantu pekerjaan kita. Namun, sadarkah anda bahwa sebagian dari penemuan tersebut merupakan penemuan-penemuan yang tidak sengaja ditemukan? Berikut adalah beberapa yang saya dapat dari Google:

Sabun Mandi

Barangkali, jika anda menemui sabun mandi yang tidak berbusa,maka anda akan merasa kurang puas. Mandi rasanya kurang segar dan bersih jika belum ada busa yang membasuh tubuh dari sabun yang digosokkan ke badan kita.
yang unik di unik-qu.blogspot.com
Tapi, tahukah anda bahwa awalnya sabun mandi tak diciptakan berbusa? Hal ini terjadi sekitar tahun 1879. Pada waktu itu,sabun mandi jika digosokan ke tubuh tidak menimbulkan busa. Namun, suatu ketika, seorang pekerja di pabrik pembuatan sabun tanpa sengaja meninggalkan mesin pembuat sabun bekerja saat sedang istirahat siang.

Konon, karena kecerobohan ini, maka tanpa pengawasan, sabun yang tercipta pada saat mesin itu bekerja, menjadi bercampur dengan unsur udara. Tetapi , karena melihat tidak ada perubahan yang signifikan, pabrik itu memutuskan untuk tetap menjual sabun yang tercampur dengan unsur udara itu.

Kemudian , keajaiban terjadi. Sabun yang bercampur udara itu saat beredar di pasaran ternyata membuat sabun menjadi penuh gelembung dan busa saat digosokkan ke tubuh. Dan , tak disangka, hal ini sangat disukai oleh konsumen sabun itu. Maka, kemudian banyak orang yang menanyakan sabun busa tersebut. Sebab,saat itu sabun itu memang tak banyak beredar di pasaran karena sebenarnya produk yang “Salah Cetak”. Akhirnya , karena kehebohan terjadi, sabun kemudian diproduksi masal. Sabun itu kemudian diberi nama ivory oleh perusahaan proctor dan tak lama mulai disukai di seluruh dunia.

Sekali lagi, itulah bukti bahwa adanya ketidaksengajaan pun,kadang bisa membawa berkah. Karena itu, jangan pernah merasa resah atau gelisah saat timbul masalah. Sebab,bisa jadi , itu justru berujung pada datangnya berkah.

Coca-Cola

Anda pasti tahu minuman bersoda, seperti coca-cola,pepsi,dll. Tapi , tahuhkah anda minuman paling laris selain kopi dan teh itu ternyata tercipta tanpa sengaja.
yang unik di unik-qu.blogspot.com
Pada tahun 1886 seorang ahli farmasi bersama John Pemberton mencoba meramu obat dalam sebuah panik besar untuk menyembuhkan sakit kepala dan stress. Ia lantas membawa ramuan itu kepada toko obat Jacob, Jacob sang pemilik toko itu lantas menambah air berkarbonasi dan es untuk memberi rasa pada ramuan itu. Ternyata ,rasanya sangat unik sehingga akhirnya kedua orang itu memutuskan untuk menjualnya dengan nama coca-cola, yang diambil dari bahan ramuan itu yakni daun cocoa dan coconut(kelapa). Kini , minuman itu telah tersebar di seluruh dunia dan diminum miliaran orang.

Ban Karet

Saat ini, balapan motor atau mobil sangat ditentukan oleh kualitas ban yang dipakai. Dulu, untuk menemukan ban karet yang berkualitas sangatlah sulit. Sebab, karet yang dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan ban akan mudah meleleh jika lama bergesekan atau kena panas, dan jika menyatu dengan hal yang dingin, ban menjadi sangat rapuh.
yang unik di unik-qu.blogspot.com
Berbagai hal lantas dilakukan untuk menstabilkan materi karet sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai penggunaan. Salah satu yang mencoba melakukan aneka percobaan ini adalah seorang ilmuan bernama Charles Goodyear. Ia berupaya dengan segala macam cara untuk membuat karet bisa lebih tahan terhadap panas dan dingin. Namun, seperti juga ilmuan lain yang juga sudah mencoba sebelumnya, hasil yang diperolehpun masih belum sempurna.

Suaru ketika, ketika beristirahat, Goodyear tidak sengaja menjatuhkan segumpal karet dan semacam zat sulfur dalam kompor yang panas secara bersamaan. Dan,rupanya,itulah jawaban yang dicari selama ini. Karet yang terjatuh dalam kompor itu rupanya bereaksi dengan sulfur dan jadi lebih tahan panas. Bahkan setelah dicoba, karet ini pun tahan dingin. Ketidaksengajaan inilah yang kemudian terus dikembangkan Goodyear hingga bisa diolah menjadi ban karet seperti sekarang.

Sepatu Olahraga

Saat ini, berbagai komponen penunjang olahraga telah dibuat sedemikian canggih. Mulai dari peralatan sederhana,hingga alat-alat olahraga yang cenderung berat, seperti untuk pembentukan tubuh. Bahkan ,inovasi terus lahir untuk membuat para atlet dapat memberikan hasil terbaik di setiap pertandingan.
yang unik di unik-qu.blogspot.com
Jika anda perhatikan, salah satu yang cukup menakjubkan adalah sepatu olahraga,khususnya untuk atlet. Olahraga jenis apapun, jika diperhatikan, menggunakan semacam sol pelapis sepatu yang mirip jarring dengan ukuran lebar. Kotak-kotak dibagian bawahnya. Ternyata, teknologi ini menjadi kunci sehingga sepatu bisa ‘bernapas’ yang membuat sepatu terasa lebih ringan,dibandingkan jika dengan menggunakan sol sepatu biasa.
Teknologi ini ditemukan tanpa sengaja oleh seorang pelatih atletik bernama Bill Bowerman. 

Suatu ketika, ia memperhatikan makanan wafel yang ada piringnya. Makanan yang berbentuk kotak-kotak semacam jaring membuat ide kreatifnya terpacu, maka bill membuat replica wafel dari karet untuk dipasangkan pada sol sepatu. Bentuknya yang kotak-kotak itu dalam pemikiran bill bisa mengatur jalannya udara saat mendapat tekanan kaki. Dengan begitu, ‘ napas ‘ sepatu bisa lebih mudah dan meringankan pemakainya. Kemudian dikembangkan Bill menjadi pabrikan sepatu dan peralatan olahraga yang terkenal hingga saat ini, nike .

Lem Super Kuat

Bahan lebih lengket. Yang satu ini terkenal karena berdaya perekat tinggi, tidak seperti Post-It Notes di atas. Lem super kuat tercipta pada tahun 1942 ketika Dr. Harry Coover sedang berusaha untuk mengisolasikan sebuah bahan plastik yang bersih untuk membuat gagang senjata api.
yang unik di unik-qu.blogspot.com
Sementara dia sedang bekerja dengan bahan kimia cyanoacrylates, seketika setelah bahan polymerized terkontak dengan embun menjadikan semua bahan-bahan kimia dalam percobaan terikat bersama-sama. Bagi Coover percobaannya gagal, dan riset berjalan terus, sehingga lem super kuat ini berguna bagi orang-orang.

Alat Pacu Jantung

Penemuan tidak disengaja ini telah menyelamatkan hidup banyak orang hingga hari ini. Seorang insinyur Amerika, Wilson Greatbatch, sedang bekerja dengan sebuah peralatan yang merekam denyut jantung tidak beraturan, ketika ia menyisipkan sebuah tipe resistor yang keliru ke dalam penemuannya. 
yang unik di unik-qu.blogspot.com
Sirkuit berdenyut, lalu diam, lalu berdenyut lagi. Kemudian, dia mendekatkan alat ini ke jantung dan jadilah alat pacu jantung yang digunakan sampai sekarang.

Sampanye (Champagne)

Menurut banyak orang Dom Pierre Perignon dihormati sebagai penemu sampanye. Walaupun sebenarnya biarawan Benedictine abad ke-17 itu tidak bermaksud demikian, yakni membuat anggur dengan gelembung-gelembung udara di dalamnya.
yang unik di unik-qu.blogspot.com
karena pada kenyataanya dia telah menghabiskan waktu bertahun-tahun berusaha mencegah hal itu terjadi. Anggur yang penuh dengan gelembung udara dianggap sebagai tanda proses pembuatan anggur yang jelek.

Penicilin

Anda mungkin sudah mengenal Alexander Fleming, ilmuwan Skotlandia yang mengadakan penelitian terhadap bakteri yang dilemahkan, yang disebut staphylococci atau stafilokokus. Kejadian yang sebenarnya adalah ketika dia kembali dari liburan dalam 1928, ia menemukan salah satu cawan percobaannya telah ditumbuhi jamur, sehingga membuatnya kesal dan melemparkannya. Pada waktu itu ia belum menyadari bahwa kemudian bakteri stafilokokus tidak mampu hidup di lingkungan yang ditumbuhi jamur fungal.
yang unik di unik-qu.blogspot.com
Setelah Fleming meneliti kembali dan mendapatkan bahwa jamur bisa menghambat pertumbuhan bakteri, dia kemudian menerbitkan penemuannya tersebut namun tidak banyak mendapat perhatian. Kemudian di tahun 1945 setelah riset lebih lanjut dilakukan oleh beberapa para ilmuwan lain, maka baru diyakini bahwa penisilin bisa dihasilkan dalam skala industri, sehingga hal ini memberi jalan untuk pengobatan infeksi atau peradangan oleh bakteri hingga saat ini.

@kapanlagi.com
Macam-Macam Penemuan yang Tak Sengaja Ditemukan 4.5 5 Unikqu aja 2011-07-27T18:07:00+07:00 Di dunia ini, banyak sekali penemuan-penemuan yang membantu pekerjaan kita. Namun, sadarkah anda bahwa sebagian dari penemuan tersebut merup...