Beberapa Tempat yang Unik di Turki

Turki, sebuah negara yg unik. Wilayahnya terbentang dari Semenanjung Anatolia di Asia Barat Daya dan daerah Balkan di Eropa Tenggara. Jadi negara ini berada di tepian dua benua, Asia dan Eropa. Di Turki ini ada sebuah kota di bawah tanah. Kedalamannya hingga sembilan lantai di bawah tanah (kebayang ya dalemnya segimana ckckck). Lorong-lorong di kota ini sangat sempit, hanya cukup dilewati satu orang. Batu-batunya bisa digeser-geser sebagai pintu. Kota ini bahkan dilengkapi dapur, toilet, gudang, ruang pertemuan dan tempat ibadah. Selain itu, yg paling penting ada pengatur untuk keluar masuk udara (semacem ventilasi gitu kayanya). Jadi meskipun kita berada di bawah tanah yg kebayang gimana pengapnya, pengunjung enggak ngerasa sesak napas dan tetap merasa sejuk.

Jembatan Ajaib
Selat Bosporus memisahkan wilayah Turki yg ada di Eropa dengan Asia. Namun ada dua jembatan yg menghubungkan wilayah g terpisah ini. Dua jembatan itu terbentang di atas selat Bosporus. Jembatan Fatih Sultan Mehmed dan Jembatan Bosphorus. Jembatan Bosphorus termasuk salah satu jembatan yg terindah di dunia dengan panjang 1.073 meter.
Selat Bosporus di turki at unik-qu.blogspot.com

Jembatan Bosphorus di turki at unik-qu.blogspot.com
(hanya dengan menyebrangi jembatan ini kita bisa berpindah dari benua Asia ke Eropa dan juga sebaliknya, dari Eropa ke Asia.)@unikqu

Selain jembatan Bosphorus yg indah, Turki juga punya kota yg woooooow. Kota ini terletak di lembah, di daerah Cappadocia. Nama kota ini Goreme (goreme bakar, goreme goreng. haha itu gurame). Disini terdapat banyak bukit batu kecil yg terbentuk dari letusan gunung berapi jutaan tahun yg lalu. Di bukit-bukit ini, terdapat gua-gua yg dulunya dijadiin tempat tinggal dan gereja. Kini beberapa gua itu telah dijadikan hotel. Didalamnya, terdapat kamar-kamar mungil jadi para wisatawan bisa menginap dengan nyaman disana.

Evil Eye Tree
Evil Eye Tree di turki at unik-qu.blogspot.com
Ga jauh dari kota Goreme, terdapat lembah bernama Pigeon Valley. Di tempat ini, terdapat sebatang pohon yg dipenuhi hiasan-hiasan bulat berwarna biru. Hiasan-hiasan ini disebut evil eye. Kalo denger evil eye, nampak menyeramkan ya. Sebagian masyarakat Turki percaya bahwa evil eye adalah jimat yg bisa menjauhkan mereka dari hal-hal yg jahat. Kita bisa melihat evil eye di hampir setiap rumah, toko, restoran, kendaraan bahkan pesawat udara Turki. ckckck. Ukurannya pun bermacam-macam. Ada yg besar sebagai hiasan dinding, ada juga yg mungil sebagai mata cincin.. Ternyata banyak hal yg unik yg terdapat di Turki ya!..

@shintaanakpresiden&unikqu
Beberapa Tempat yang Unik di Turki 4.5 5 Unikqu aja 2011-08-09T22:17:00+07:00 Turki , sebuah negara yg unik. Wilayahnya terbentang dari Semenanjung Anatolia di Asia Barat Daya dan daerah Balkan di Eropa Tenggara. Jadi ...