Sepeda Motor Antik Termahal di Dunia

Sepeda motor ini bernama Brough Superior yang diproduksi pada 1929. Anda tentu asing dengan namanya, ketimbang nama-nama terkenal seperti Norton, BSA, Jawa, Triumph, atau Harley Davidson. Namun, kuda besi ini baru saja "menggetarkan" jagat raya dengan mencatatkan dirinya sebagai motor antik termahal di dunia.
Brough Superior
Bayangkan, di balai lelang Eropa H&H, Brough ditawar dengan harga tertinggi 286.000 poundsterling atau setara Rp 4,05 miliar oleh seorang kolektor. Lelang berlangsung di museum industri sepeda motor dunia, Haynes International Motor Museum, Sparkford, Inggris.

Pembuat Brough Superior ini adalah George Brough asal Inggris. Ia memproduksinya pada 1919 sampai 1940 di markasnya di Haydn Road, Nottingham, Inggris. Semua motor bikinannya mempunyai ciri beperforma tinggi dan memiliki kualitas paling bagus. Adapun Brough merupakan mantan pebalap, perancang, dan showman.

Motor garapannya termasuk Brough Superior termahal ini. Motor tersebut dibekali mesin SS100 berkapasitas 1.000 cc V-twin. Kecepatan maksimum yang bisa dicapai adalah 161 km per jam (100 mph). Kecepatan yang sangat hebat untuk saat itu sehingga kendaraan tersebut (termasuk karya Brough lainnya) dijuluki "Rolls Royce"-nya sepeda motor.


"Pada 1929, hanya 29 motor yang diproduksi di Pendine (Wales) dan Grand Alpine (Swiss) dengan dua opsi rangka tipe B dan D. Brough juga dilengkapi dengan sistem transmisi 3-percepatan dijuluki super-heavyweight," ujar penyelenggara lelang H&H.

Sepeda motor langka ini sudah mengalami restorasi pada tahun 2000-2001 dan berfungsi normal seperti saat diluncurkan. Bahkan, moge ini berhasil digunakan untuk menjelajah sejumlah negara di Spanyol, Perancis, Austria, dan Italia. Sepeda motor ini juga dilengkapi dengan sejumlah sertifikat asli kendaraan.

Nilai jual sepeda motor ini merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah setelah rekor sebelumnya dipegang oleh Cyclone produksi 1915 seharga 278.400 poundsterling atau Rp 3,9 miliar.
Sepeda Motor Antik Termahal di Dunia 4.5 5 Unikqu aja Monday, November 21, 2011 Sepeda motor ini bernama Brough Superior yang diproduksi pada 1929. Anda tentu asing dengan namanya...